Jajanan atau Kuliner di Sekitar Kampus BINUS yang Wajib Kalian Ketahui (Juli 2019) | Stefanus Hendy Blog

Halo lagi teman-teman semua, apa kabar semua? Pasti baik-baik karena sudah bisa berkunjung ke Stefanus Hendy Blog ini ya. Pada kali ini gue akan share pengalaman dalam hal kuliner yang telah menemani gue selama perkuliahan selama 4 semester lebih atau 2 tahun di kampus BINUS ini. Asal kalian tahu, uniknya di kampus BINUS itu banyak sekali kuliner yang enak dengan harga yang terjangkau untuk para mahasiswa BINUS. Pada kali ini gue hanya membahas kuliner sekitaran kampus BINUS Anggrek dan BINUS Syahdan karena gue sendiri kuliah daerah sana yaitu kampus BINUS Kemanggisan.

Tahukah kalian percaya tidak percaya, kalau kalian ingin mencari makanan apa saja di dekat kampus BINUS pasti ada dah wkwkwk. Asalkan jangan BINUS Alam Sutera ya karena disana benar-benar tidak ada makanan pinggiran (warung) dan mau tidak mau ketemunya mall atau makan di kantin saja. Kampus BINUS Anggrek juga banyak kok makanan pinggiran tetapi tidak sebanyak di daerah Syahdan yang merupakan surganya kuliner para mahasiswa karena kebanyakan harganya lebih terjangkau di Syahdan. Oke mari kita bahas yuk tetapi gue tidak urutkan berdasarkan peringkat ya...

Logo BINUS
Sumber Gambar : BINA NUSANTARA GROUP


Jajanan atau Kuliner di Sekitar Kampus BINUS yang Wajib Kalian Ketahui (Juli 2019)

1. Ayam Berseri (Kebon Jeruk, Palmerah) - Sekarang sudah tutup :((

Ayam Berseri

Rating : 3.3 / 5 (6 ulasan)
(Sumber : Zomato)


Berikut adalah kuliner pertama yang gue rekomendasikan banget ke kalian anak-anak BINUSIAN yaitu "Ayam Berseri" yang menjual produknya berupa Ayam Geprek. Pastinya kalian tahulah Ayam Geprek itu pedas gitu sudah dipaketkan dengan nasi putih. Letaknya tidak jauh dengan kampus Anggrek kok, kalian tinggal turun ke bawah lalu keluar BINUS dan "Ayam Berseri" berada di posisi kiri yang biasa banyak Gojek atau Grab mangkal.

Awalnya pertama kali gue dengar "Ayam Berseri" itu dari teman gue yang ajak gue untuk mencoba Ayam Geprek baru pada saat jam istirahat kuliah. Di lokasi "Ayam Berseri", terdapat meja yang panjang dan berhadapan dengan staff "Ayam Berseri". Bagi gue sih untuk kenyamanannya udah oke lah ya standar baik dari kebersihan dan kerapian. Kalian bisa take away atau makan disana. Waktu pertama kali itu gue pesan "Geprek Bocah'e" dengan harga Rp.25.000 yang merupakan Ayam Geprek + Keju Mozarella + Telur.

Bungkusan take away dari "Ayam Berseri" memiliki desain yang oke banget sih dan sesuai hargalah. Pas gue buka bungkusnya kaget bukan kepalang, porsinya benar-benar besar dan mengenyangkan dan pedasnya luar biasa. Tersedia dari level 1 - 5 dan gue sendiri paling mentok-mentok di level 3 itu udah pedas banget bagi gue yang pecinta pedas. Ada satu hal yang gue suka yaitu Ayamnya sudah fillet jadi ga ada tulang sama sekali (bersih gitulah). Tetapi ada kelemahannya yaitu kadang Ayamnya sudah dingin karena sudah disiapkan gitu (bukan masak baru).



Menu Ayam Berseri
Menu Ayam Berseri
(Sumber Gambar : Zomato)



Suasana Ayam Berseri Dekat Binus Anggrek
Suasana Ayam Berseri
(Sumber Gambar : Zomato)


Ayam Berseri Geprek Mbok'e
Geprek Mbok'e


Ayam Berseri Geprek Rabana Rendang
Geprek Rabana (Rendang)


Ayam Berseri Geprek Bocah'e
Geprek Bocah'e


2. Ciz n Chic (Jalan U no.33, Palmerah) - RECOMMENDED


Ciz n chic logo

Rating : 4.0 / 5 (348 ulasan)
(sumber : Zomato)


Nah kalau ini makanannya Ayam juga cuman bukan Ayam Geprek guys. Jadi ada menunya gitu guys Ayamnya diolah menjadi beraneka ragam makanan dan paket. Kalau "Ciz n Chic" ini lebih kearah makanan Western gitu guys. Cabang "Ciz n Chic" juga banyak kok di dekat Binus Syahdan dan dapat dibilang kalau tempat makan ini tuh udah recommended banget buat anak-anak kampus BINUS (Binusian). Tempat suasana makannya juga enak kok banyak tempat sehingga muat untuk makan bersama dengan teman dengan jumlah banyak.

Harga makanannya juga standar kok yaitu sekitar Rp.20.000 - Rp.30.000an lah ya untuk sendiri. Kalau kalian aktif jadi pengurus UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di BINUS, pastinya kalian mendapatkan kartu member UKM dan kalian bisa mendapatkan diskon 10% dan semua orang mendapatkan es teh manis GRATIS lho.... Jadi jangan malas-malas untuk aktif jadi pengurus UKM wkwkwk....

Pilihan favorit gue di "Ciz n Chic" ini adalah Gravy Chicken, Chic Melted, Chicken with Spicy Mayo (dapat es teh manis), Spaghetti Aglio Olio, dan Chic ala Ciz n Chic. Ukuran porsinya sih menurut gue sudah besar dan mengenyangkan. Makanannya juga enak dan sangat recommend banget berasa enaknya dan Westernnya. Tetapi ada kekurangan dari "Ciz n Chic" yaitu bagi gue sendiri makanan yang datang itu pasti sudah tidak terasa panas lagi dan setiap gue makan tuh rata-rata udah tidak panas.



Menu Ciz n chic
Menu Ciz n Chic
(Sumber Gambar : Zomato)


Menu Ciz n Chic 2
Sumber Gambar : Zomato



Menu Ciz n Chic 3
Sumber Gambar : Zomato



Menu Ciz n Chic 4
Sumber Gambar : Zomato


Menu Ciz n Chic 5
Sumber Gambar : Zomato



Menu Ciz n Chic 6
Sumber Gambar : Zomato



Menu Ciz n Chic 7
Sumber Gambar : Zomato


Suasana Ciz n Chic
Suasana Ciz n Chic
(Sumber Gambar : Zomato)


Chic ala Ciz n Chic
Chic ala Ciz n Chic


Spaghetti Aglio Olio
Spaghetti Aglio Olio


Chic Melted
Chic Melted


3. Waroeng Western (Jl. K.H Syahdan, Palmerah)


Waroeng Western Logo
Rating : 3.8 / 5 (100 ulasan)
(Sumber : Zomato)



Nah guys kalau ini makanannya benar-benar hampir mirip dengan "Ciz n Chic" tetapi yang membedakan adalah kalau disini sih lebih spesialisnya di sambal matah gitu yang pedas-pedas. Kalau "Ciz n Chic" rata-rata makanannya tidak pedas dan spesialisnya keju. Lokasinya dekat berada di pinggir jalan Syahdan dekat kampus BINUS Syahdan. Tetapi untuk makan disini, gue sarankan tidak membawa kendaraan dan parkir disana karena sempit dan ada preman yang menembak harga parkir. Biasanya di daerah Syahdan banyak yang menembak parkir jadi meningan ya jalan sajalah ya.

Untuk suasana dan kebersihan di dalam Warung Western ya standar gitu lah ada AC dimana berarti ruangan tertutup. Kalian juga bisa makan disana dan take away tetapi untuk makan disana tempatnya terbatas gitu sih makannya dempet-dempetan. Untuk harganya bagi gue sih lebih mahal tetapi masih worth it lah karena porsi yang besar dan mengenyangkan.

Nah kalau gue makan disini, pasti gue pesannya tuh Steak Matah Bali dengan harga Rp.23.000 dan rasanya tuh benar-benar berasa sambal matahnya dan pedas. Ditambah lagi kalian sudah dapat nasi dan juga side dishnya berupa salad gitu lah. Bagi kalian yang mau makan banyak dan suka pedas, boleh nih mampir ke "Waroeng Western".



Menu Waroeng Western
Menu Waroeng Western
(Sumber Gambar : Zomato)



Menu Waroeng Western 2
Sumber Gambar : Zomato


Menu Waroeng Western 3
Sumber Gambar : Zomato


Menu Waroeng Western 4
Sumber Gambar : Zomato


Menu Waroeng Western 5
Sumber Gambar : Zomato


Menu Waroeng Western 6
Sumber Gambar : Zomato


Suasana Waroeng Western
Suasana Waroeng Western
(Sumber Gambar : Zomato)



Steak Sambal Matah & Steak Balado
Steak Sambal Matah & Steak Balado


4. Nasi Kari Selatpanjang (Belakang Binus Syahdan, Palmerah) - RECOMMENDED (But Non Halal)



Rating : 4.5 / 5 (15 ulasan)
(Sumber : Google Maps)


Nah ini nih kuliner rahasia yang ada di BINUS Syahdan. Mungkin hanya beberapa orang saja yaitu orang yang kos di dekat BINUS Syahdan yang tahu dan juga tempatnya tersembunyi dengan jalan yang sempit jadi kalau kalian mau kesana ya meningan sih jalan kaki saja biar tidak ribet karena jalannya tuh sebenarnya cuman buat motor 1 arah jadi kalian tahu kan lah ya betapa sempitnya ini. Jujur waktu itu gue coba untuk naik motor ke "Nasi Kari Selatpanjang" benar-benar sulit untuk parkir dan disampingnya ada saluran air terbuka. Wah gue udah panik takut ada motor lain lewat terus kesenggol jatuh ke parit kan ga lucu wkwkwk....

Nah kalau ini guys tempatnya tuh rumah cuman dijadiin tempat makan jadi kayak kamar gitu dijadiin tempat buat makan. Tempatnya standar kok bersih dan luas banyak ruangan jadi jangan takut kalau makan tidak ada tempat.  Makanan yang paling gue rekomendasikan disini adalah Nasi Hainam, Nasi Kari, dan Nasi Cha Sio (mengandung daging babi) dengan kisaran harga Rp.20.000. Menurut gue, Nasi Cha Sio yang paling enak dan gue rekomendasikan lah.

Nah kalau kalian makan disini, mening kalian pesan dengan porsi jumbo karena cuman nambah Rp.1000 kalian sudah bisa dapat banyak porsi nasi putihnya dan isinya dan jujur bagi gue (orang yang suka makan banyak) porsi jumbonya benar-benar mengenyangkan dan bisa bikin kalian enek kalau kebanyakan. Ditambah dengan sambal buatannya juga enak kok.

Nah kalian tidak bisa seenaknya pesan nih guys Nasi Hainam, Nasi Kari, dan Nasi Cha Sio karena ada hari tertentu yang tersedia. Lebih baik ya kalian tanya dulu saja ada ga makanannya. Coba kalian lihat baik-baik menunya dan tentukan hari yang tepat untuk makan di "Nasi Kari Selatpanjang" ini.



Menu Nasi Kari Selatpanjang
Menu Nasi Kari Selatpanjang
(Sumber Gambar : Google Maps)



Nasi Kari Jumbo
Nasi Kari Jumbo


5. Bakmi Effata (Kantin Binus Anggrek) - RECOMMENDED



Rating : 4.1 / 5 (89 ulasan)
(Sumber : Zomato)


Nah ini nih pasti yang kalian nanti-nanti wahai para Binusian khususnya Binusian yang selalu berkuliah di kampus BINUS Anggrek. Ini adalah makanan yang paling wajib kalian coba di kantin BINUS Anggrek ini yaitu "Bakmi Effata" yang merupakan bakmi ayam yang biasanya isinya bakmi, ayam, kuah, dan sayur. Asal kalian tahu, setiap gue masuk kantin BINUS Anggrek pasti ada bau-bau "Bakmi Effata" dan pasti kalian melihat mangkuk berwarnaa hijau muda gitu ketika memasuki kantin BINUS Anggrek. Dapat dibilang "Bakmi Effata" adalah makanan yang paling laris di kantin BINUS Anggrek dan juga sering mendapatkan orderan dari GOJEK dan GRAB.

Pada kali ini gue sekalian dah review kantin BINUS Anggrek tuh gimana. Di kantin ini tuh tempatnya luas dan pastinya kalian pasti dapat tempat duduk lah buat makan dan pastinya selalu bersih ya standarnya gitulah tempat-tempat makan. Jadi kalian pesan makanan dulu terus bawa makanannya ke tempat yang ingin kalian duduki. Baru-baru ini guys ada informasi menarik, kita bisa membayar menggunakan GOPAY dan diskon sebesar 30% dengan maks Rp.5.000 ya bagi anak kampus wah murah ini wkwkwk.... Beli Bakmi Effata biasa dapat yang Jumbo dong....

"Bakmi Effata" ini tersedia 2 jenis bakmi yaitu bakmi biasa dan bakmi lebar. Jadi kalian bisa pilih gitulah. Ada yang unik di "Bakmi Effata" dimana owner "Bakmi Effata" selalu teriak-teriak wkwk dan heboh gitu lah. Nah nanti habis pesan bakmi, kalian dapat gelas berwarna bukan untuk minum melainkan untuk nomor pesanan gitu lho nanti pesanannya dianterin ke meja kalian. Biasanya gelasnya itu gue pakai buat nampung jeruk nipis yang banyak wkwkwk.....

Rasa bakminya gausah ditanya lagi ini diibaratkan udah kayak dewa bakmi gitu. Benar-benar berasa banget rasa bakminya dan siapin minum ya pasti kalian cepat haus makan "Bakmi Effata" ini. Selain itu, kalian bisa jangan lupa minta sambal, kecap, dan lada biar lebih mantap. Saran gue sih kalian pakai kecap jadi biar tidak enek dan enak gitu lho rasa yamin (manis gitu). Oh ya satu lagi, kalau kalian takeaway nanti ada biaya tambahan untuk tempat makan yang dari plastik. Pokoknya recommend banget dah untuk anak Binusian dan juga harganya yang terjangkau untuk dompet mahasiswa.


Menu Bakmi Effata
Menu Bakmi Effata
(Sumber Gambar : Zomato)


Tempat Bakmi Effata
Tempat Bakmi Effata
(Sumber Gambar : Zomato)


Take Away Bakmi Effata
Take Away Bakmi Effata
(Sumber Gambar : Zomato)


Bakmi Effata Versi Lengkap
Bakmi Effata Versi Lengkap
(Sumber Gambar : Zomato)


6. Warteg Kemuning (Cabang Depan Binus Anggrek) - RECOMMENDED



Rating : 4.5 / 5 (2 ulasan)
(Sumber : Google Maps)


Kali ini adalah warteg yang baru-baru ini buka cabang di depan BINUS Anggrek. Awalnya cuman ada di Syahdan dan mungkin disana udah laku ya buka cabang dah di dekat BINUS Anggrek yang benar-benar tidak ada warteg yang terjangkau dan recommended. Pertama kali kalian lihat dari depan tuh pasti rasanya tempat ini kok gini amat ya kotor sekali. Tetapi jangan salah dulu guys, kalian coba masuk kedalam lihat dulu dan diluar ekspektasi sih. Mungkin wajarlah depannya agak tidak bersih karena itu dapur tetapi gue jamin bersih kok dan sehat. Buktinya saja gue ga pernah sakit perut sehabis makan di warteg ini. Dalamnya juga nyaman kok sejuk dan bersih ya suasana standarlah tempat makan gitu. Untuk tempatnya sih tidak terlalu luas dan terkadang penuh sih. Kalian harus pertimbangkan dahulu kapan jam yang tepat untuk makan disini.

Seperti warteg pada umumnya, makanannya tuh diambilin dan kalian tinggal request mau apa. Disini ada banyak gorengan, sayur, dan makanan berkuah. Ketika gue makan di "Warteg Kemuning" ini, gue pasti memilih telur dadar, jamur goreng, dan sup telur puyuh (dipisah dengan mangkuk agar lebih banyak dan berasa). Makanan terbaik dari "Warteg Kemuning" adalah telur dadarnya. Kalian harus coba dan rasa telur dadarnya itu behhhh mantap kali bang berbeda dari yang biasanya.

Makanya telur dadar pasti habis terus. Kalian kalau mau mandiri ya sambalnya ambil sendiri dan rasa sambalnya juga enak kok kayak terasi gitu (sambal masak). Kisaran harga setiap makan disini tuh sekitar Rp.10.000 - Rp.17.000 itu kalau versi gue dengan 1 nasi putih dan 3 jenis lauk pauk. Kalau makan disini ya minumnya air putih saja biar gratis dan sehat. Porsinya besar dan rasanya semua makanannya diolah jadi enak kok.


Suasana Depan Warteg Kemuning
Suasana Depan Warteg Kemuning
(Sumber Gambar : Google Maps)


Nasi + Jamur Goreng + Kikil + Tempe Orek + Kuah
Nasi + Jamur Goreng + Kikil + Tempe Orek + Kuah


7. Rocky Rooster (Samping Binus Anggrek) - RECOMMENDED


Rocky Rooster Logo


Rating : 4.6 / 5 (14 ulasan)
(Sumber : Google Maps)


Nah ini dia nih makanan paling jagoan untuk para binusian yaitu ayam goreng "Rocky Rooster" yang letaknya ada di samping BINUS Anggrek yang biasa gue makan sih. Bagi mahasiswa-mahasiswa kampus terutama anak-anak Binusian, ini adalah KFC dengan versi low-budget wkwk.... Karena harga yang begitu murah dimana kalian bisa membeli paket 2 dada ayam dan 1 nasi hanya dengan harga dibawah Rp.30.000. Selain itu, kalian harus benar-benar mencoba dah Ayam Rocky ini karena porsinya besar lho dan juga kulit ayamnya yang benar-benar freshlah. Jujur saja nih gue pernah makan yang 2 dada ayam itu benar-benar kenyang banget dah. Untuk rasa tidak perlu ditanyakan lagi dan bagi gue sih lebih enak dari tempat ayam goreng lainnya.

Kalian juga bisa pesan air putih untuk minum kalian secara gratis. Seperti biasa ya ada saus sambal dan juga lada sebagai pelengkapnya. Untuk tempat dan lokasinya terbilang kecil gitu lho dan satu kekurangannya tuh tempat kadang penuh dan juga bagi gue sih agak kotor gitu karena kadang ada orang yang tidak tahu diri makannya benar-benar berantakan. Tapi tenang kok masih aman dan bersih untuk menikmati Ayam Rocky Rooster ini dengan nyaman disana. Pokoknya kalian sebagai binusian wajib mencoba makan Ayam Rocky Rooster.



Menu Rocky Rooster
Menu Rocky Rooster
(Sumber Gambar : Zomato)



Suasana Luar Rocky Rooster
Suasana Luar Rocky Rooster
(Sumber Gambar : Google Maps)



Suasana Dalam Rocky Rooster
Suasana Dalam Rocky Rooster
(Sumber Gambar : Google Maps)


Ayam Rocky
Ayam Rocky Paket B
(Sumber Gambar : Google Maps)



8. Warteg AW - RECOMMENDED



Rating : 4.4 / 5 (155 ulasan)
(Sumber : Google Maps)


Kalau kali ini sama seperti "Warteg Kemuning" tetapi ini menurut gue yang paling fenomenal dan terkenal di dekat BINUS Syahdan. Untuk menuju ke "Warteg AW", kalian harus memasuki gang sebelum BINUS Syahdan. Nanti kalian tinggal masuk saja kedalan dan nanti "Warteg AW" ada di sebelah kiri kalian. Berhubung "Warteg AW" disana ada dua, gue sarankan ambil yang pertama yaitu yang warna kuning karena itu yang benar-benar sudah lama dan original. Untuk sebelahnya agak diragukan karena banyak informasi yang gue dapatkan kalau itu adalah "Warteg AW" yang berbeda. Kalau gue sih lebih suka yang lama yang original yang warna kuning ya.

Untuk masalah suasana ya standar kayak warteg tempatnya lumayan luas kok pasti dapat tempat duduk dan bersih lho jadi kalian bisa makan disana dengan nyaman dan aman. Pesan air minum ya seperti biasa air putih saja biar gratis wkwk.... Kalau untuk harga ya jangan diragukan lagi karena "Warteg AW" adalah penyelamat tanggal tua Binusian karena harga yang murah dan mengenyangkan. Kalau untuk rasa makanannya ya bagi gue sih enak gitu beda dari warteg yang lain dan juga kalau di "Warteg AW" ini sayurnya diolah dengan enak lho. Pokoknya kalian wajib dah ke "Warteg AW" buat menyelamatkan tanggal tua kalian.


Makanan Warteg AW
Makanan Warteg AW
(Sumber Gambar : Google Maps)



Suasana Warteg AW
Suasana Warteg AW
(Sumber Gambar : Google Maps)



Sayur Warteg AW
Sayur Warteg AW
(Sumber Gambar : Google Maps)


9. Warung Steak 76 (Jl. KH Syahdan, Palmerah)



Rating : 3.7 / 5 (86 ulasan)
(Sumber : Zomato)


Kalau ini adalah warung yang menjual berbagai steak guys. Karena namanya warung, pasti harganya murah dari yang kalian bayangkan untuk makan steak. "Warung Steak 76" sendiri ada banyak cabang kok di jalan Syahdan jadi kalian tinggal pilih saja kira-kira mana yang sepi. Biasa kalau malam pasti ramai banget. Untuk suasana sih ya tidak terlalu luas agak mepet gitu tetapi bersih kok dan disarankan sih mening kalian tidak usah bawa motor karena parkir yang sempit dan apalagi kalau malam benar-benar ga bisa gerak di daerah Syahdan.

Nah untuk harga sendiri serius jujur banget gue kaget pas awal pertama kali makan karena berkisaran Rp.20.000an lebih kalian sudah bisa makan steak ayam atau sapi dan mendapatkan side dish berupa sayuran, kentang, dan juga sudah termasuk nasi. Gimana murah kan??? Untuk porsinya benar-benar besar tergantung kalian pesannya apa. Untuk rasa bagi gue benar-benar oke kok tidak mengecewakan bahkan rasanya gue mau coba lagi apalagi kalau pakai OVO kalian bisa diskon lagi wkwk...... Bagi kalian yang mau makan steak low-budget inilah tempatnya.


Menu Warung Steak 76
Menu Warung Steak 76
(Sumber Gambar : Zomato)


Menu Warung Steak 76 2
Menu Warung Steak 76
(Sumber Gambar : Zomato)


Chicken Steak
Chicken Steak
(Sumber Gambar : Zomato)



Combo Steak
Combo Steak
(Sumber Gambar : Zomato)


10. Phitix (Samping Binus Anggrek)


Phitix Logo


Rating : 3.5 / 5 (25 ulasan) - Palmerah
(Sumber : Zomato)


"Phitix" ini adalah nasi yang ditambahkan dengan ayam goreng yang telah diolah dengan berbagai bumbu. Kalian bisa memilih varian dan rasanya. Selain itu, kalian bisa juga menambahkan kulit goreng supaya kalian bisa kenyang. Sebenarnya pada kali ini gue akan review yang ada di samping BINUS Anggrek saja ya karena gue hanya pernah makan disana. Untuk tempatnya bersih banget serius di meja paling cuman ada tissue doang. Walaupun ramai ya pasti kalian dapat tempat lah untuk makan disana karena kebanyakan pada takeaway.

Bagi kalian yang mau kenyang sih disarankan beli porsi satu biar nasi dan ayamnya banyak. Bagi kalian yang mau kenyang lagi, kalian bisa menambah lagi nasi lho tapi gue masih tahu harga diri gue ya paling minta setengah saja nasinya karena kebetulan gue juga belum kenyang dan puas. Untuk harga dibilang sih standar saja sih tidak murah dan tidak mahal. Untuk rasa bagi gue sih oke banget ya bagi kalian yang suka pedas boleh tuh pesan sambal matah biar tahu rasa pedasnya wkwk...... Kalau kalian mau yang enak tidak pedas pesan yang rasa kari jepang. Kekurangan disini adalah "Phitix" tidak menjual minuman dan juga tidak menyiapkan saus sambal.


Menu Phitix
Menu Phitix
(Sumber Gambar : Zomato)



Sambal Matah take-away
Sambal Matah take-away
(Sumber Gambar : Zomato)



Sambal Matah dine-in
Sambal Matah dine-in
(Sumber Gambar : Zomato)


Menurut kalian, manakah yang paling menarik dari banyaknya jajanan atau kuliner makanan di sekitar kampus BINUS diatas??? Kalian juga boleh menambahkan komentar dibawah jika masih ada yang ingin ditambahkan. Sebenarnya masih banyak makanan disekitar BINUS yang masih enak-enak kok tetapi ini gue post yang benar-benar sudah ada reviewnya dari internet yaitu dari Zomato dan Google Maps yang tidak ada gue skip dulu dan kalian bisa juga tambahkan di kolom komentar.

Gimana??? Enak kan kos di dekat BINUS Anggrek dan Syahdan yang merupakan tempatnya surga makanan dan kuliner ini. Kalian mau cari makanan apa saja disini pasti ada kok asal kalian rajin dan tidak malas untuk mencarinya. Selamatkanlah dompet anda dan jangan sering-sering jajan dan juga jajanlah makanan yang enak dan juga sehat bagi tubuh kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Thank you semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca post ini.

Sampai Jumpa Kembali :D

Komentar