Apa Itu Variable??? - Tutorial Pemrograman Bahasa C #2 | Stefanus Hendy Blog

Apa Itu Variable??? - Tutorial Pemrograman Bahasa C #2


Apa Itu Variable??? - Tutorial Pemrograman Bahasa C #2


Halo lagi teman-teman kembali lagi dengan saya "Stefanus Hendy". Pada kali ini gue akan kembali melanjutkan tutorial coding mengenai bahasa C. Sebelumnya kita belajar syntax awal dari bahasa C dan sekarang kita belajar mengenai pentingnya penggunaan variable dalam coding dan membuat program. Keperluan variabel ini sangatlah penting dalam membuat program dimana variabel merupakan tempat untuk kita menyimpan value dari suatu proses pemrograman dimana kita bisa mendapatkan hasilnya. Biar mudahnya nih kita pakai contoh sehari-hari biar kalian tahu gambarannya wkwkwk....

Istilah variabel itu seperti buku dimana didalam buku itu kalian bisa menulis banyak kalimat atau informasi. Nah buku itu misalnya kalian kasih nama "BUKU" jadi variabelnya adalah "BUKU". Nah di "BUKU" itu terdapat banyak informasi yang telah kalian masukkan dan banyak datanya. Selanjutnya tinggal kalian sendiri apakah mau print isi informasi dari "BUKU" atau mau memprosesnya untuk keperluan coding kalian. Gimana sudah mengerti kan??? hehe......

Okelah kalau begitu, mari kita belajar tahap kemudian atau selanjutnya dari paling awal di dunia coding yaitu belajar mengenai "Variable" dari Bahasa C dan hari ini kita bakal belajar mengelola varable di layar komputer kita melalui command prompt. Oh ya aplikasi atau software untuk codingnya itu gue pakai yang namanya "Microsoft Visual C++ Express 2010" karena lebih ringan dan mudah untuk digunakan tidak perlu setting lagi. Bagi teman-teman yang mau download softwarenya bisa nih klik link dibawah ini ya.





//include <stdio.h> = kita menggunakan library yang bernama "stdio.h" untuk melakukan perintah seperti input maupun output. stdio yaitu standard input output berarti kalau tidak ada include <stdio.h> maka kita tidak bisa menggunakan printf karena program tidak mengenal apa itu "printf".

//int main(){} = sebuah fungsi bernama "main". Jadi fungsi tersebut kita kasih "int" yang berarti harus ada code "return" menghasilkan sesuatu yang bersifat integer atau bilangan bulat. Bisa juga kok kalian ganti "void" jadi kosong gitu tidak perlu return. Nah program ini akan berjalan dari fungsi bernama "main" dari atas sampai bawah secara berurutan dari awal { sampai dengan ini }.

//Tipe data = terdapat banyak tipe data yaitu int, char, double, float. Jadi pertama-tama sebelum kita menggunakan variabel, kita harus kenalin dulu ke komputer dia itu tipe data apa... Misalnya int a berarti "a" itu adalah variabel yang hanya bisa menyimpan value berupa bilangan bulat (kalau dimasukkan berupa karakter maka akan error) atau sebaliknya.

//char d[100] = {"Hello"} = ini adalah salah satu kelemahan dari bahasa C dimana dia tidak ada string tetapi kita bisa menggunakan array yang disebut array of char. char d[100] berarti aku mau variabel d menerima karakter dengan panjang karakter maksimal 100 huruf.

//printf("%d, %c, %f", nama_variabel) = syntax untuk berguna untuk menampilkan teks ke layar komputer kita. Dimana tipe-tipe data memiliki kode sendiri untuk kita gunakan untuk input maupun outputnya. %d untuk bilangan bulat (int), %c untuk huruf (char), %f untuk bilangan decimal (float atau double). lalu kita kasih tahu sesuai urutannya (kasih tahu di belakang koma) misalnya %d itu untuk variabel apa yang mau kita gunakan.

//%.2f = berarti print bilangan decimal dimana menghasilkan terdapat 2 bilangan di belakang koma.

//getchar() = ini adalah fungsi untuk mendapatkan sebuah karakter baru lanjut ke code selanjutnya. Lalu untuk apa??? Nah ini adalah untuk menahan layar program. Kalau kita tidak pakai getchar() maka program akan langsung close secara sendirinya. Dengan adanya getchar() maka program akan tertahan sampai kita input sesuatu atau ketik sesuatu.


Masih kurang paham???

Pada video kali ini berjudul "Apa Itu Variable???" akan membantu kalian belajar memahami pentingnya coding dan membuat program. Bagi teman-teman yang mau belajar coding dan membuat program paling dasar dan sederhana bisa langsung saja klik link dibawah ini ya.






Okelah guys kira-kira gitu adalah tahapan selanjutnya dari paling awal untuk belajar coding dan membuat program paling sederhana. Dari video diatas telah gue jabarkan semua hal mengenai coding dengan lengkap tentang variabel jadi kalian tidak perlu khawatir masih tidak mengerti lah wkwk... Gimana apakah kalian sudah tertarik dengan dunia coding??? Pasti seru kok kalau kalian adalah orang yang selalu ingin memecahkan masalah.

Semoga video dan post ini bermanfaat bagi kalian semua. Nanti pastinya gue akan lanjutkan lagi mengenai pembelajaran coding karena gue sendiri suka untuk share atau berbagi ilmu dengan banyak orang. Jangan lupa lagi di Like, Comment, Share, and Subscribe ya :D

Sampai Jumpa Kembali :D

 

Komentar