Perkenalan dan Belajar Coding dari Bahasa C - Tutorial Pemrograman Bahasa C #1 | Stefanus Hendy Blog

Perkenalan dan Belajar Coding dari Bahasa C - Tutorial Pemrograman Bahasa C #1


Perkenalan dan Belajar Coding dari Bahasa C - Tutorial Pemrograman Bahasa C #1


Halo teman-teman thank you sudah rajin-rajin mampir di blog gue selama akhir-akhir ini dan pastinya sudah berpartisipasi aktif di channel youtube. Pada kali ini berhubung gue kuliah di bidang IT atau Teknik Informatika, gue akan share kalian hasil pengetahuan dan belajar gue di kampus sana. Pada saat ini mulai sekarang ini gue akan membuat konten baru mengenai "Coding" dan sekaligus menjadi tempat gue untuk sharing ilmu mengenai coding dan membuat program. Bagi teman-teman yang belum bisa coding sama sekali. Tenang.... Gue akan share dari AWAL dan kita akan belajar dan berkenalan dulu dari salah satu bahasa pemrograman dasar yaitu Bahasa C.

Kenapa harus belajar dari dasar dulu Bahasa C??? Karena semua bahasa pemrograman itu awalnya tuh dari Bahasa C dan dikembangkan lagi. Dengan kita bisa dan mahir menggunakan Bahasa C maka kita bisa mudah mengerti dan memahami Bahasa pemrograman lain dengan mudah karena kita sudah mengerti konsep mengenai coding dan juga mudah berpindah bahasa yaitu hanya belajar syntax baru.

Okelah kalau begitu, mari kita belajar tahap paling awal di dunia coding yaitu belajar syntax awal dari Bahasa C dan hari ini kita bakal belajar print text di layar komputer kita melalui command prompt. Oh ya aplikasi atau software untuk codingnya itu gue pakai yang namanya "Microsoft Visual C++ Express 2010" karena lebih ringan dan mudah untuk digunakan tidak perlu setting lagi. Bagi teman-teman yang mau download softwarenya bisa nih klik link dibawah ini ya.



//include <stdio.h> = kita menggunakan library yang bernama "stdio.h" untuk melakukan perintah seperti input maupun output. stdio yaitu standard input output berarti kalau tidak ada include <stdio.h> maka kita tidak bisa menggunakan printf karena program tidak mengenal apa itu "printf".

//int main(){} = sebuah fungsi bernama "main". Jadi fungsi tersebut kita kasih "int" yang berarti harus ada code "return" menghasilkan sesuatu yang bersifat integer atau bilangan bulat. Bisa juga kok kalian ganti "void" jadi kosong gitu tidak perlu return. Nah program ini akan berjalan dari fungsi bernama "main" dari atas sampai bawah secara berurutan dari awal { sampai dengan ini }.

//printf("text") = syntax untuk berguna untuk menampilkan teks ke layar komputer kita. "text" itu tinggal kalian ganti saja sesuai dengan yang kalian mau.

//getchar() = ini adalah fungsi untuk mendapatkan sebuah karakter baru lanjut ke code selanjutnya. Lalu untuk apa??? Nah ini adalah untuk menahan layar program. Kalau kita tidak pakai getchar() maka program akan langsung close secara sendirinya. Dengan adanya getchar() maka program akan tertahan sampai kita input sesuatu atau ketik sesuatu.


Masih kurang paham???

Pada video kali ini berjudul "Perkenalan dan Belajar Coding Dari Bahasa C" akan membantu kalian belajar memahami pentingnya coding dan membuat program. Bagi teman-teman yang mau belajar coding dan membuat program paling dasar dan sederhana bisa langsung saja klik link dibawah ini ya.






Okelah guys kira-kira gitu adalah tahapan paling awal untuk belajar coding dan membuat program paling sederhana. Dari video diatas telah gue jabarkan semua hal mengenai coding dengan lengkap jadi kalian tidak perlu khawatir masih tidak mengerti lah wkwk... Gimana apakah kalian sudah tertarik dengan dunia coding??? Pasti seru kok kalau kalian adalah orang yang selalu ingin memecahkan masalah.

Semoga video dan post ini bermanfaat bagi kalian semua. Nanti pastinya gue akan lanjutkan lagi mengenai pembelajaran coding karena gue sendiri suka untuk share atau berbagi ilmu dengan banyak orang. Jangan lupa lagi di Like, Comment, Share, and Subscribe ya :D


Sampai Jumpa Kembali :D

 

Komentar