Resensi Buku Beserta Contohnya | Stefanus Hendy Blog

Karena saya masih duduk di bangku SMA dan saya selalu mendapatkan tugas-tugas yang banyak dan sulit, maka saya akan share dan membahas tugas saya dengan anda. Sekarang saya akan membahas mengenai tugas Bahasa Indonesia di sekolah saya yaitu mengenai "Resensi Buku". Sebenarnya apa arti dari kata "Resensi"? Bagaimana struktur dari resensi? Bagaimana cara resensi sebuah buku? Dan juga seperti apa contoh  resensi dari sebuah buku?

Resensi adalah suatu penilaian oleh seseorang terhadap suatu karya. Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni maupun film. Dalam menulis resensi, terdapat kelebihan, kekurangan dan informasi yang dapat disampaikan kepada masyarakat. " - Wikipedia

Berikut adalah penjelasan mengenai struktur resensi buku beserta contohnya.

Resensi Buku Beserta Contohnya

Struktur resensi buku terdiri dari :

  1. Identitas Buku
  2. Tema
  3. Pembukaan
  4. Isi
  5. Tokoh dan Penokohan
  6. Setting/Latar
  7. Nilai-nilai Dalam Buku
  8. Kelebihan dan Kekurangan Buku
  9. Penutup


Identitas Buku

Merupakan tahap awal dari resensi buku dengan memaparkan identitas dari buku tersebut. Biasanya identitas buku meliputi :
  • Judul
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Negara Terbit
  • Tahun terbit
  • Tebal Buku
  • Harga Buku


Tema

Merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal dari buku tersebut.

Pembukaan

Menjelaskan mengenai latar belakang dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Isi

Menjelaskan isi dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Tokoh dan Penokohan

Menjelaskan tokoh-tokoh dan sifat masing-,masing tokoh dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Setting/Latar

Menjelaskan tempat,waktu, dan suasana dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Nilai-nilai Dalam Buku

Menjelaskan nilai-nilai moral yang kita dapatkan dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan yang dirasakan oleh para pembaca dari suatu cerita/kejadian dari buku.

Penutup

Bagian penutup dari resensi buku dapat berupa ucapan terima kasih, salam penutup, kritik, dan saran dari buku.


Sekarang saya akan share tugas saya yaitu membuat resensi buku dari perpustakaan sekolah SMA saya. Saya mengambil buku yang berjudul "Gempa Bumi". Maaf jika contoh dibawah ini tidak maksimal karena tugas resensi buku saya hanya menjelaskan identitas buku, latar belakang, kelebihan, dan kekurangan buku. 


Resensi Buku Beserta Contohnya

Judul : Gempa Bumi
Pengarang : Keith Lye
Penerbit : Grolier International Inc.
Negara terbit : Italia
Tahun terbit : 2001
Tebal buku : 32 halaman

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah kejadian yang mengerikan. Gempa dapat menyebabkan kerusakan yang parah. Getaran tersebut dapat terjadi dalam waktu satu menit atau lebih dan dapat menyebabkan kerusakan berat. Gempa terjadi ketika bebatuan di bawah permukaan tanah atau laut mulai bergerak. Kerak bumi yang keras adalah tanah tempat kita tinggal. Bongkahan bebatuan terkadang bergerak naik dan turun di sepanjang sebuah patahan. Retakan dikulit bumi disebut patahan. Sebagian patahan bergerak melintasi sebidang tanah. Ketika bebatuan bergerak sepanjang sisi patahan, jalan jalan dan pagar tidak lagi menyatu.

Gempa kecil dapat menyebabkan minuman dalam gelas dan cangkir bergetar. Gempa besar membuat tanah bergerak seperti dek sebuah kapal di tengah badai. Gempa bumi terkuat dapat menghancurkan bangunan dan dapat menyebabkan kematian manusia. Kota san fransisco di amerika adalah salah satu kota yang berada di daerah gempa berada di sekitar pinggiran lempeng.

Batuan panas menyembur naik dari dasar laut dan membentuk sebuah pulau baru yang disebut surtsey. Barisan pegunungan muncul dari dasar laut. Ditengah-tengah pegunungan ini ada pinggiran lempeng bumi. Ketika lempeng bumi bergerak saling menjauh, batuan panas menyembur keluar dan mengisi rekanan yang terjadi. Lempeng-lempeng bumi bergerak saling menjauh. Permukaan tanah bergetar dan menyebabkan gempa.

Tokyo, di jepang, terletak dekat salah satu bagian samudra pasifik yang terdalam. Beberapa lempeng bertemu disini dan menyebabkan seringnya terjadi gempa. Ketika lempeng saling mendorong, salah satu akan bergerak ke bawah yang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan gempa. Pergerakan patahan san andreas yang terjadi secara tiba-tiba di tahun 1906 mengakibatkan sebuah gempa hebat di san fransisco . patahan san andreas di california, tempat dimana dua lempeng bergerak bersisihan.

Kerusakan akibat gempa

Jembatan dapat runtuh karena gempa, dan kendaraan juga bisa hancur olehnya. Seringkali gempa menyebabkan kebakaran.

Yungay adalah sebuah desa pegunungan di amerika serikat. Salju longsor mengubur yungay di tahun 1970. Longsoran ini merusak kebun dan rumah. Tsunami adalah ombak raksasa yang disebabkan oleh gempa bumi. Ombak ini dapat menyebabkan banyak kerusakan tsunami menghantam daratan dengan kekuatan yang dahsyat. Gelombang ini menyapu kapal-kapal sampai terdampar jauh ke daratan.

Ilmu yang mempelajari gempa disebut seismologi dan orang-orang yang mempelajarinya disebut seismolog. Seismograf untuk mecatat gempa bahkan untuk gempa yang terkecil sekalipun. Di cina para ilmuwan telah menyadari bahwa seringkali binatang bertingkah laku aneh sebelum terjadi gempa. Ayam mengepakkan sayap dan berkotek riuh. Kadang-kadang kuda merinkik dan melonjak. Anjing juga dapat merasakan bahwa ada yang tidak beres.

Kelebihan buku :

1.      Berisi gambar-gambar yang menarik dan sesuai.
2.      Penjelasannya sangat lengkap.
3.      Cover buku yang bagus.
4.      Isi buku tersusun rapi.
5.      Terdapat komponen buku (daftar isi, Indeks dan daftar istilah).
6.      Mudah dipahami isi bukunya.
7.      Terdapat banyak judul-judul yang sesuai setiap isinya.

Kekurangan buku :

1.      Tidak terdapat kata pengantar.
2.      Isi buku tidak tebal.

Kesimpulan buku :

Buku ini menjelaskan kita tentang gempa bumi di dunia dan menjelaskan tentang gempa yang ada di bumi.


Sekian contoh dari tugas resensi buku saya. Saya mohon maaf jika ada kesalahan / kekurangan dalam membuat post ini. Saran dan kritik anda sangat berguna bagi saya untuk mengembangkan blog ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca posting-an ini. Semoga post ini bermanfaat dan berguna bagi kalian.